Phone : 021-29478974 , 021-22997129 , Mobile : 0811 1388 063 , Email : sales@bestinstrument.co.id

: 14 + 9 =
Tips Menentukan Masa Pergantian Sepatu Safety

Tips Menentukan Masa Pergantian Sepatu Safety

Cara praktis menentukan kapan sepatu safety sebaiknya diganti yaitu bila sepatu safety tidak bisa lagi berfungsi untuk melindungi kaki dari pukulan, benturan, tusukan, atau bahaya lainnya, maka Anda harus segera menggantinya. – Fawn Evenson, American Apparel and Footware Association President.

Material dan desain sepatu safety memang semakin mutakhir, namun tetap saja setiap alat pelindung diri tentu memiliki rentang usia yang terbatas. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengganti sepatu safety? Seberapa sering sepatu safety harus diganti?

Sampai saat ini, regulasi yang membahas tentang masa kedaluwarsa maupun masa pergantian sepatu safety memang belum ada. Pastinya ada banyak hal yang perlu diperhitungkan dalam menentukan frekuensi penggantian sepatu safety.

Kondisi dan situasi di lingkungan kerja, menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhitungkan dalam mengatur seberapa sering sepatu safety harus diganti. Sebagai contoh, seorang yang bekerja di lapangan atau konstruksi mungkin perlu mengganti sepatu safety setahun sekali atau kurang. Sementara itu, seorang yang bekerja di gudang, sepatu safety bisa tahan lebih lama, mungkin bisa dipakai selama 1,5 tahun.

Meski frekuensi penggantian sepatu safety itu bisa berbeda-beda, namun sepatu safety harus cepat diganti apabila ada kerusakan fisik yang jelas. Sepatu safety yang usang tidak hanya menghambat kerja Anda, namun juga dapat meningkatkan resiko cedera.

Gunakan beberapa pedoman ini untuk tahu apakah sepatu safety Anda memang sudah waktunya untuk pensiun atau tidak.

  • Steel-toe mengalami kerusakan (berlekuk/penyok) akibat terkena jatuhan benda tajam dan/atau benda berat.
  • Tapak sepatu yang hilang dan licin. Seiring waktu berjalan, karet pada outsole akan menipis seperti karet pada ban mobil. Perhatikan “titik botak” pada outsole-nya, bagian karet mana yang memudar. Bila hanya lecet-lecet sedikit itu tidak masalah, tetapi bila tapaknya hilang dan bagian outsole-nya sangat tipis, hal ini menyebabkan sepatu jadi licin dan membahayakan.
  • Midsole yang habis (aus). Midsole, bagian sepatu yang memberi rasa “kenyal” pada setiap langkah kaki Anda. Anda dapat memeriksa kerusakan midsole dengan cara meletakkan sepatu diatas meja datar (bagian permukaan sepatu harus lurus dan rata) dan cek dari belakang. Bila satu sisinya miring, itu berarti struktur busa bagian tengah midsole bermasalah. Cara lainnya, bila Anda dapat menekuk bagian ujung kaki sampai ke tumit, berarti sepatu Anda sudah tidak memiliki daya serap terhadap benturan lagi. Midsole yang aus dapat mengakibatkan ketidakstabilan pada kaki, sehingga dapat menyebabkan cedera pada lutut dan pergelangan kaki.
  • Untuk sepatu safety yang memiliki fitur tahan air atau tahan terhadap bahan kimia, penggantian harus dilakukan bila bagian karet/PVC, foxing, outsole atau toe cap terlepas atau mengelupas.
  • Tidak mampu menahan dampak bahaya pukulan dan benturan. Misalnya bagian atas, toe cap, outsole sepatu mudah retak/tembus/mudah robek saat terkena potongan atau tusukan benda tajam atau berat.
  • Dalam jangka waktu lebih dari setahun, sepatu safety dengan fitur anti sengat listrik (electric shock resistance) dan anti statis akan mengalami penurunan kekuatan dalam menahan dampak bahaya atau alami keausan.
  • Sepatu safety yang sole-nya berbahan PU (Polyurethane) memiliki masa kedaluwarsa, biasanya maksimal 1 tahun dari waktu produksi. Bila sudah masuk masa kedaluwarsa, sole berbahan PU akan hancur dengan sendirinya. Anda dapat lihat kode produksi yang berada dibalik sepatu. Sedangkan untuk sepatu safety yang sole-nya berbahan rubber (karet) tidak memiliki kedaluwarsa.

Dalam hal ini, pengusaha disarankan memiliki peraturan tertulis tentang penggantian sepatu safety secara teratur, bisa setahun sekali atau lebih tergantung kondisi area kerja dan frekwensi pemakaian sepatu.

Pasalnya, apabila pengusaha lengah mengatasi ini atau tidak memiliki aturan yang pasti, maka keselamatan pekerjalah sebagai taruhannya. Segera ganti sepatu safety Anda bila mengalami kerusakan fisik atau tidak dapat melindungi kaki secara maksimal

Date

22 January 2021

Tags

Alat Safety

Distributor/Agen Resmi Produk Tektronix, Keithley, Kyoritsu, Sanwa, UNI-T, Flir, Adiluc, Fluke, ED, De Lorenzo di Indonesia. Menjual Alat Safety, Tools Electrical

We have 39 guests and no members online

Toko Online by PT. BEST INSTRUMENT INDONESIA

Office

Main Office :

Ruko Concordia SRB26 Kota Wisata, Bogor 16968 Indonesia

Phone :

(021)29478974, (021)2299 7129

Mobile/WA:

0811 1388 063

Branch Office :

Gedung Graha Pena Jawa Pos Lantai 18 R.1807, Jl. Ahmad Yani No.88, Surabaya 60234 Indonesia

Phone :

(031)33600536

Store

Adiluc Store :

Plaza Kenari Mas , Lt. LG Blok B121 , Jalan Kramat Raya No. 101 , Paseban , Senen , Jakarta Pusat 10440

Phone :

(021)23951202

Mobile/WA :

0812 1233 6638

Toko Best :

LTC Glodok Lt. 2 Blok C3 No. 3-5 , Jl. Hayam Wuruk No.127, Tamansari, Jakarta Barat 11180

Phone :

(021)22685705

Mobile/WA :

0821 1189 8336

Available at